Selasa, 09 Juli 2019

Sinopsis Film Belahan Jiwa, Sukses Bikin Kita Bingung





Kalau ada film yang sukses bikin kepalaku pening, ya film Belahan Jiwa. Apalagi film Belahan Jiwa hadir di masa mudaku yang belum bisa mencerna hebat apa itu kepribadian ganda.

Awal-awal aku menonton film garapan Sekar Ayu Asmara ini, pikirku memang ada 5 tokoh wanita dengan kepribadian dan kehidupan yang berbeda tapi dipertemukan oleh nasib yang sama. Sama-sama mencintai dan dihamili Bumi (Alexander Wiguna).
Tokoh utama sebenarnya dari film ini, ya Mbak Dian Sastro sebagai Cempaka, kekasih Bumi yang punya masalalu kelam dan misterius.

Sementara sosok Cairo (Rachel Maryam), Farlyana (Dinna Olivia), Baby blue (Nirina Zubir) dan Arimby (Marcella Zalianty) meski tampak menghidupkan cerita hanya bagian lain dari kepribadian Cempaka yang tidak merasa puas dengan dirinya sendiri.

Sebagai penonton awam, kita tahunya Cairo itu seorang pelukis yang hamil anak Bumi, lalu menggugurkan kandungannya sendiri, yang darahnya diambil untuk melukis. Nah, itu sebenarnya adalah Cempaka. Penonton juga melihat sosok desainer Farlyana yang sempat dikecam baju rancangannya dan pada akhirnya bertobat karena tahu hamil, ya itu juga Cempaka dengan ide-ide janggalnya. Baby blue adalah belahan jiwa Cempaka lainnya akibat trauma dengan kematian orangtua dam pemerkosaan terhadap dirinya. Demikian pula dengan Arimby, sosok psikolog yang pada dasarnya adalah Cempaka yang berusaha ingin melawan trauma.

Film yang pernah memenangkan kategori Best International Independent Film & Video Festival tahun 2007 ini ditutup tragis dengan Cempaka yang memilih gantung diri, dan ajaibnya begitu dia mati, maka keempat belahan jiwanya pun ikut menghilang.
Jadi inget waktu itu aku masih bingung dengan alur ceritanya yang aneh, maklum otakku untuk urusan menyangkut psikologis memang agak kurang connect.

Baru sadarnya kalau itu film tentang kepribadian ganda, ya pas psikolog nyata menyampaikan pada Bumi apa yang sebenarnya terjadi pada Cempaka. Dan lagi-lagi aku bingung, diakhir cerita si Bumi menaburkan 5 mawar di atas kuburan Cempaka. Satu untuk Cempaka, dan sisanya untuk Cairo, Farlyna, Baby Blue dan Arimby.

Lah aslinya gimana sih, Si Bumi itu sudah tahu sejak lama kalau Cempaka punya kepribadiaan ganda atau jangan-jangan Si Bumi juga punya kepribadian ganda?
Auuuuakkk gelap. Kalau penasaran mending ditonton aja filmnya langsung yadan beritahu aku.

1 komentar:

Sinopsis Film Belahan Jiwa, Sukses Bikin Kita Bingung

Kalau ada film yang sukses bikin kepalaku pening, ya film Belahan Jiwa. Apalagi film Belahan Jiwa hadir di masa mudaku yang belum...