Selasa, 09 Juli 2019

Sinopsis Film Drama Indonesia I Know What You Did On Facebook





Film drama komedi ini pertama kali tayang di layar bioskop Indonesia pada pertengahan tahun 2010, masa dimana facebook menjadi salah satu media sosial yang paling booaming. Film ini ditulis sekaligus disutradarai Awi Suryadi. Bercerita tentang Luna (Fanny Fabriana) dan Via (Kimmy Jayanti), dua sahabat yang sama-sama bosan dengan pacar masing-masing. Luna yang pendiam, yang hidupnya lurus-lurus saja bosan dengan pacarnya Reno (Edo Borne) yang urakan dan kurang berpikir tentang masadepan. Sementara si Via yang tomboy, bebas bosan dengan Tio (Fikri Ramadhan) pacarnya yang pendiam, terlalu baik, dan suka membawakannya makanan rantang.

Atas usulan Via yang pada akhirnya disepakati Luna mereka me remove pacarnya masing-masing dari akun pertemanan facebook. Luna kemudian menge-add Tio pacar Via, dan berlaku sebaliknya Via menge add Reno pacar Luna.
Luna merasa senang berkenalan dengan Tio di facebook yang dianggap perhatian tapi tidak berlebihan. Sementara Via justru menyalahi kesepakatan, dia bukan hanya mendekati Reno di facebook tapi dalam kehidupan nyata dengan begitu agresif. Hal itu kemudian mengundang kecurigaan Luna.

Suatu hari Luna menemui Tio dan menceritakan kesepakatan yang dibuatnya dengan Via. Belum tuntas pembicaraan tersebut, mendadak Reno datang dan mencurigai Luna berselingkuh dengan Tio. Mereka sempat beradu fisik. Karena kesal dan merasa dikhianati, Reno mengajak Via jalan dan keduanya pun terlibat cinta semalam.
Reno sadar telah mengkhianati janji kelingkingnya bersama Luna, dan berniat meninggalkan Via tak perduli mereka sudah melakukan hubungan yang terlarang. Tapi belum juga hal itu terjadi, Luna terlanjur memergoki perselinkuhan mereka dan melabrak Via habis-habisan. Di akhir cerita, Luna dan Reno bertengkar hebat, saling mencurigai satu sama lain dan berujung pada kata putus.

Sepakat, Luna, Via dan Reno menonaktifkan akun facebook mereka. Sementara sisi lain Tio sebagai transeksual baru terungkap sebagai ending dari cerita yang sukses membuat penonton melongo.

Film yang sempat masuk nominasi film terbaik FFI 2010 ini, juga menghadirkan cerita Doni (Agastya Kandou) kakak Reno, seorang pria mapan yang digandrungi banyak wanita yang ternyata seorang gay dan dalam diam mencintai teman kantornya, Erick (Yama Carlos)

Tema facebook makin diperkuat oleh cerita Marlene (Imelda Therinne), kakak Luna yang kesepian karena Aryo (Restu Sinaga) suaminya begitu dingin dan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Atas saran Luna, Marlene membuka akun facebook dan mulai menemukan teman-teman di dunia maya yang begitu menyenangkan. Bahkan pada akhirnya dia sempat menikmati perselingkuhan, meskipun hanya di atas keyboard laptop.

Yah, boleh dibilang film ini sekedar reminder buat kita untuk tidak bermain api meskipun hanya di dunia maya. Karena yang namanya dunia maya sekarang, kejamnya melebihi dunia nyata. Dan satu lagi kalau pacaran, jangan bikin janji kelingking. Mending bikin janji jempol, dijamin lebih kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sinopsis Film Belahan Jiwa, Sukses Bikin Kita Bingung

Kalau ada film yang sukses bikin kepalaku pening, ya film Belahan Jiwa. Apalagi film Belahan Jiwa hadir di masa mudaku yang belum...