Jumat, 24 November 2017

Lagu Untuk Mereka Yang Galau



Ada kalanya dalam hidup kita merasa berada di titik terendah, kesabaran kita digerus habis oleh berbagai persoalan yang seperti tak berjeda. Saat itu kita membutuhkan semacam nutrisi semangat untuk kembali bangkit, melanjutkan kembali sisa perjalanan hidup dengan pikiran-pikiran yang positif. Jika terlalu sulit menemukan teman untuk bersorak memberi motivasi, barangkali mendengarkan lagu-lagu ini bisa sedikit mengurangi tensi kegalauan jiwamu.

Related image
1.      Jangan Menyerah – D Masif
Lagu berdurasi 4.20 menit yang dirilis awal Juni 2009 ini diciptakan Ryan sang vocalis pasca menghibur penyandang cacat di sebuah panti. Liriknya begitu sederhana dengan tempo tidak terlalu cepat memberi kesempatan telinga untuk mencerna lebih lumat maknanya. Lagu ini memberi efek luar biasa, terutama bagi mereka yang sedang menghadapi persoalan berat dengan keputus asaan yang memuncak. Didukung oleh skenario video klipnya yang seperti menegaskan bahwa tidak ada manusia yang lepas dari masalah, tapi selagi kita sabar dan percaya dengan kuasa Tuhan maka pada setiap masalah akan kita temukan solusinya.
2.      Esok Kan Bahagia – D Masif
Masih dari coretan tangan dingin Ryan, kali ini dia berfeaturing dengan Ariel Noah, Giring Nidji, Momo Geisha dan sederet band pendukung lainnya seperti Supernova, Astoria, Pumpkin dan masih banyak lagi. Lagu dari album D Masif ‘Hidup Lebih Indah’ yang rilis Februari 2014 ini adalah gambaran dari kehidupan yang sempat dialami Ryan, sebelum akhirnya mendulang sukses seperti sekarang. Sementara keuntungan dari penjualan lagu ini 100% didedikasikan untuk korban bencana banjir, erupsi Sinabung dan gempa bumi di Indonesia. Melalui lagu ini, Ryan dkk berusaha menginspirasi mereka agar mampu melewati musibah dengan ikhlas, karena seperti lirik pembukanya: kesedihan hari ini bisa saja jadi bahagia esok hari.
3.      Dunia Pasti Berputar – ST 12
Video klip lagu dari album ST 12 ‘Pangeran Cinta’ yang satu ini menceritakan tentang persahabatan 2 bocah dari kelas sosial berbeda, Si Miskin yang buta aksara dan Si Kaya yang dengan kerendahan hatinya mau mengajarinya membaca. Sempat bertahun-tahun terpisah, akhirnya kedua sahabat ini kembali bertemu pada sketsa hujan yang begitu ironis, Si Miskin yang sukses dengan rumah bacanya dan Si Kaya yang pontang-panting mencari pekerjaan karena orang tuanya pailit. Potret kehidupan yang begitu dramatis berpadu dengan barisan lirik yang menyentuh, dan suara serak Charly yang seperti mengajak kita serempak menangis. Secara keseluruhan lagu ini menegaskan, bahwa tidak ada kesedihan yang abadi, demikian pula dengan kebahagiaan, karena seperti judulnya ‘Dunia Pasti Berputar’.
 
4.      Sang Penghibur – Padi
Dibandingkan dengan lagu Padi lainnya, lagu Sang Penghibur memang tidak kelewat populer. Lagu dari album ‘Tak Hanya Diam’ ini menceritakan tentang kehidupan penari jalanan di salah satu kota di Amerika Serikat, yang memilih tak acuh dengan cercaan orang yang hanya bisa menjatuhkan. Dia memilih fokus pada usaha untuk mengubah nasib, dengan bagian penutup yang lumayan menyepak nurani; oh bukankah hidup ada tempat perhentian, tak harus kencang terus berlari, kuhela nafas panjang tuk siap berlari kembali... Yah, hidup memang tak harus terus memburu, sekali waktu kita mengambil jeda untuk rehat, sekedar mengumpulkan kekuatan agar bisa berlari kembali.  

5.      River – JKT48
Selama ini JKT 48 identik dengan personilnya yang cantik, aksi panggung yang kolosal tapi ritmis, tempo yang cepat, sehingga jarang dari kita yang sempat memahami betul lirik lagu yang mereka bawakan. Padahal idol grup yang fanbasenya mencapai lebih dari 5 juta penggemar di Asia Tenggara ini cukup produktif menelurkan lagu yang lumayan jitu memompa semangat. Sebut saja lagu River (Senbatsu) yang rilis tahun 2013 dengan petikan lirik: mimpi ini selalu terlihatnya jauh, dan jaraknya serasa tidak tercapai. Batu di bawah kaki, ayo ambillah satu, jadikan nekat dan coba lemparkan ... Selain itu adapula lagu Hanya Lihat Kedepan (Mae Shika Mukanee) yang laris menjadi jingle iklan Honda Brio.
6.      Kusadari (Akhirnya) – Gigi
Bagi penggemar FTV religi, telinganya pasti akrab dengan lagu Gigi yang satu ini. Lagu bergenre pop religi yang masuk dalam album ‘Mohon Ampun’ ini digubah oleh Deddy Dukun dan Youngki Soewarno di tahun 80 an, dan sebelumnya pernah dinyanyikan Odie Agam. Pada Juni 2015, Arman dkk mengransemen ulang lagu ini dengan gaya bermusik khas Gigi tanpa terlalu banyak mengubah tempo. Terlepas dari siapa yang lebih mempopulerkan, faktanya lirik lagu ini seperti menjadi tangisan makhluk semesta yang selama ini kelewat giat dan lihai mengejar duniawi hingga terlupa bersimpuh di hadapan Tuhan. 

7.      Jangan Bersedih – Tiffany
Diurutan ke 7 ada lagu Jangan Bersedih milik Tiffany, penyanyi cantik berjilbab asal Jakarta yang cukup sukses menjadi pendatang baru di bursa musik Indonesia dengan mengusung aliran musik pop. Single terbaru yang rilis tahun 2016 ini diciptakan Fredy dengan iringan akuistik gitar dan piano yang mendayu lembut. Memahami keseluruhan lirik lagu ini, memberi kekuatan bagi mereka yang baru patah hati agar segera move on dan mengangap putus adalah skenario hidup yang lazimnya dialami manusia, sehingga tidak perlu dilebih-lebihkan.


Sejatinya setiap fase kehidupan memiliki iramanya masing-masing, dan musik membuat kita menjadi manusia yang lebih peka dengan masalah yang kita hadapi. Tinggal kita tentukan saja dengan irama seperti apa kita menjalani kehidupan. Tak harus selalu terpasung dalam alunan musik sendu, sekali berjingkrak juga tak masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sinopsis Film Belahan Jiwa, Sukses Bikin Kita Bingung

Kalau ada film yang sukses bikin kepalaku pening, ya film Belahan Jiwa. Apalagi film Belahan Jiwa hadir di masa mudaku yang belum...