Minggu, 10 Desember 2017

Bau Urin Perokok Sangat Menyengat, Cari Tahu Alasannya!





Urin, air seni atau ada yang menyebutnya air kencing adalah cairan sisa yang dieksresikan oleh ginjal, dibawa melalui ureter menuju kandung kemih, kemudian dibuang melalui uretra. Fungsi utama urin adalah membuang zat sisa seperti racun atau obat-obatan dari dalam tubuh. Urin yang normal berwarna kuning sedikit pucat, sedikit berbau tapi tidak terlalu tajam atau menyengat. Namun sering kali kita menemukan kejadian kurang menyenangkan terutama ketika sedang mengantri di toilet umum, yaitu sisa bau urin yang menyengat dari pemakai toilet sebelumnya meski sudah berkali-kali disiram. Mengapa demikian?
Ada beberapa faktor yang menyebabkan bau urin seseorang begitu menyengat, salah satunya apa yang dikonsumsi orang tersebut dalam 24 jam terakhir, seperti bawang, kopi dan rokok. Nikotin dan Ammonia yang terkandung pada rokok memiliki bau yang sangat tajam meski digadang-gadang dapat menunda rasa lapar. Konsentrasi nikotin pada setiap batang rokok yang dihisap berkisar 1 mg. Proses metabolisme nikotin terjadi di paru-paru dan mengubahnya menjadi kotinin, yang selanjutnya dikeluarkan melalui urin. Dalam waktu kurang dari 24 jam terhitung sejak orang tersebut merokok, sisa nikotin yang masih terekam tubuh akan menyebabkan bau urinnya menjadi begitu menyengat, lebih-lebih jika mengkonsumsi rokok dalam jumlah besar. Namun hal ini bisa dinetralkan dengan mengkonsumsi banyak air minum, untuk membersihkan zat beracun yang disisakan rokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sinopsis Film Belahan Jiwa, Sukses Bikin Kita Bingung

Kalau ada film yang sukses bikin kepalaku pening, ya film Belahan Jiwa. Apalagi film Belahan Jiwa hadir di masa mudaku yang belum...