Minggu, 10 Desember 2017

9 Fakta Unik Tentang Kucing Yang Bikin Kamu Lebih Toleran Dengannya




Seperti halnya anjing, kucing menjadi salah satu binatang peliharaan yang cukup populer di kalangan pencinta binatang dan masyarakat pada umumnya. Selain karena aman dan tidak membutuhkan biaya pemeliharaan yang cukup besar, kucing juga dapat menjadi teman bermain yang lucu dan menyenangkan, meski terkadang juga menyebalkan. Hal ini terjadi karena pemahaman kita yang kurang terhadapnya. Berikut ini adalah 9 fakta unik tentang kucing yang bakal bikin kamu lebih toleran dengan tingkahnya.

1.    Kaki Kucing Memiliki Saraf Sensitif

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hewan memiliki saraf sensitif yang dapat mendeteksi datangnya bencana. Seperti bantalan kaki kucing yang dipercaya dapat merasakan getaran gempa bumi, semacam alat pendeteksi dini. Jadi kalau tiba-tiba kucing peliharaanmu melompat-lompat gelisah, ada baiknya kamu waspada.
2.    Kebiasaan Kucing Mencakar-cakar Perabot Rumah

Mencakar-cakar perabot rumah tangga seperti kursi, meja, termasuk pagar dan pohon dilakukan kucing untuk mengasah kukunya.
3.    Kumis Kucing Bukan Sembarang Kumis

Kumis kucing sangat sensitif terutama untuk merasakan benda di dekatnya saat tak ada cahaya. Pada kondisi gelap total, kucing memang tidak dapat melihat meskipun memiliki ketajaman penglihatan di malam hari.
4.    Kebiasaan Muntah Setelah Makan Rumput

Sering kita kesal dengan kucing peliharaan kita yang masih makan rumput padahal sudah dipastikan akan muntah setelahnya. Jangan terlalu cepat mencap kucing kita nakal atau tidak belajar dari pengalaman. Kucing sering menjilati tubuhnya dan tanpa sadar ada gulungan rambut/bulu yang tersangkut di perutnya. Nah untuk mengeluarkan gulungan rambut tersebut, kucing memakan rumput dengan tujuan memperbaiki pencernaan dan membantu mengeluarkan rambut yang tertelan.
5.    Salam Sapa Khas Kucing

Ketika kucing peliharaan kita bertemu dengan kawannya, mereka akan beradu hidung. Bukan untuk bertengkar. Tapi ini menjadi semacam sapa ala cipika cipiki yang biasa dilakukan manusia.
6.    Menggosokkan Badan Ke Kaki

Ini adalah cara kucing menunjukkan perasaan sayangnya padamu. Dia akan menggosokkan badannya ke kaki atau punggungmu ketika kamu duduk. Hal ini dilakukan untuk menandaimu dengan baunya, seperti semacam penegasan: aku milikmu.
7.    Kucing Peka Dengan Panggilan

Ternyata indera pendengarannya kucing sangat peka. Buktinya dengan kata “huss ...” dia tahu bahwa kita sedang tidak menginginkannya. Demikian pula ketika kita memberinya nama tertentu, maka kucing akan begitu cepat menerimanya sebagai panggilan kesayangan untuknya.
8.    Jangan Khawatir Kucing Menghilang

Kucing kita tiba-tiba menghilang? Jangan khawatir, karena sejauh apapun kucing berkelana dia tahu arah pulang dengan memanfaatkan indera penciumannya, kecuali jika kucing itu diculik sekawanan pencuri dan dijaga ketat. Tapi buat kamu yang memang dengan sengaja membuang kucingmu ke tempat tertentu, jangan lupa mengolesi hidungnya dengan bau-bau yang kuat, seperti lemon, jeruk dan minyak tanah. Hal ini untuk mengaburkan penciuman kucing sehingga dia lupa dengan jalan pulang.
9.    Rata-rata Umur Kucing

Rata-rata umur kucing maksimal 15 – 16 tahun, jauh lebih lama dari hewan berkaki 4 lainnya seperti sapi dan kambing. Yah, meskipun tidak cukup lama untuk mendampingi kita pemiliknya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sinopsis Film Belahan Jiwa, Sukses Bikin Kita Bingung

Kalau ada film yang sukses bikin kepalaku pening, ya film Belahan Jiwa. Apalagi film Belahan Jiwa hadir di masa mudaku yang belum...